DigiBerita.com | Bahasa Indonesia
22 January 2022

Digiberita.com

Berita Startup dan Ekonomi Digital

Sukseskan Presidensi G20, Kominfo Gelar Konektivitas 5G   – Imantoko Kurniadi

2 min read

Jakarta, Selular.ID –  Perhelatan Presidensi G20 pada 2022 di Bali, yang akan melibatkan peserta dari 39 negara anggota G20 ini akan didukung dengan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi berupa konektivitas 5G, serta perangkat pendukung pertemuan virtual canggih lainya.

“Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, sudah jelas bahwa ketentuan Indonesia dalam Presidensi G20 tahun 2022 ada dua target yang harus sukses. Yakini sukses dari sisi substansi dan sukses terhadap penyelenggaraannya. Dua hal ini yang sedang dilakukan,” jelasnya usai acara Penandatanganan Pinjam Pakai Lahan Program BTS Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Kominfo di Sofitel Hotel, Nusa Dua, Badung, Bali.

Berdasarkan rencana ajang yang berlangsung mulai 1 Desember 2021 hingga November 2022 tersebut, akan terdiri dari 118 rapat. Menurut Menkominfo, aspek substansi Presidensi G20 berkaitan dengan Sherpa Track, Finance Track, Working Group maupun Engagement Group.

Menteri Johnny menyatakan keseluruhan rangkaian rapat itu akan berlangsung di 16 atau 17 kota Indonesia. Oleh karena itu, Kementerian Kominfo menyiapkan infrastruktur TIK dengan penyediaan jaringan 4G dan 5G.

“Kominfo juga menyiapkan perangkat-perangkat virtualnya dengan menggunakan Webex dan menyediakan jaringan cadangan untuk mengantisipasi apabila tejadi ganguan konektivitas telekomunikasi,” tuturnya.

Sementara itu Direktur Utama BAKTI Kementerian Kominfo, Anang Latif memaparkan dalam pertemuan tingkat menteri, BAKTI Kominfo akan menyiapkan bandwith sekitar 20 Gbps.

“Kemudian, di pertemuan level kepala negara dalam Konferensi Tingkat Tinggi G20, disediakan kapasitas jaringan sebesar 2 Gbps dan untuk tingkat pendukung seperti kegiatan rapat, tersedia kapasitas jaringan pendukung sebesar 400 Mbps,” jelasnya.

Menurut Dirut BAKTI Kominfo, pihaknya berkolaborasi dengan mitra penyedia dan penyelenggara telekomunikasi untuk menyiapkan bandwith dan memastikan sinyal jaringan wi-fi lancar di lebih dari 100 venue kegiatan selama penyelenggaraan KTT G20.

Kemudian Kominfo juga melaporkan tengah berkoordinasi dengan mitra penyelenggara layanan operator seluler untuk menyiapkan kapasitas jaringan cadangan. Hal itu ditujukan pula untuk mendukung kelancaran event G20 selama satu tahun ke depan.

The post Sukseskan Presidensi G20, Kominfo Gelar Konektivitas 5G   appeared first on Selular.ID.

Jakarta, Selular.ID –  Perhelatan Presidensi G20 pada 2022 di Bali, yang akan melibatkan peserta dari 39 negara anggota G20 ini akan didukung dengan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi berupa konektivitas 5G, serta perangkat pendukung pertemuan virtual canggih lainya. “Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, sudah jelas bahwa ketentuan Indonesia dalam Presidensi G20 tahun 2022 ada dua
The post Sukseskan Presidensi G20, Kominfo Gelar Konektivitas 5G   appeared first on Selular.ID. Sumber. Selular.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2020 PT Juan Global. All rights reserved. DigiBerita.com. | Newsphere by AF themes.